Tahfizul Qur’an

PROGRAM TAHFIZ 30 JUZ

Salah satu keunggulan pondok pesantren S-PEAM adalah Program Tahfiz 30 Juz. Kami jadikan program ini sebagai program unggulan mengingat gairah umat Islam khususnya para wali santri terhadap Al-Qur’an, sehingga berharap putra-putrinya selain unggul dalam prestasi juga hafal al-Qur’an. Program langsung dimulai sejak kelas 1 SMP dengan harapan maksimal kelas 3 SMP (atau dalam waktu 3 tahun) santri S-PEAM sudah bisa khatam menghafal 30 Juz. Adapun 3 tahun berikutnya di SMA adalah pemantapan hafalan sehingga ketika mereka lulus SMA hafalan mereka adalah betul-betul hafalan yang tsiqoh.

Dalam program tahfiz ini, setiap siswa diwajibkan menghafal al-Qur’an minimal 1 halaman dalam satu hari. Jika setiap santri istiqomah dalam program ini maka 2,5 tahun akan selesai hafalan 30 Juz. Untuk menunjang hafalan, setiap santri diwajibkan membaca al-Qur’an setiap selesai sholat fardhu, khususnya ayat-ayat yang akan mereka hafal dan akan disetorkan keesokan harinya. Di setiap kali membaca ayat-ayat yang akan dihafal, diwajibkan mengulang bacaan ayatnya minimal 20 kali. Hal ini diharapkan ketika selesai sholat tahajjud mereka sudah bisa menghafal dengan mudah ayat-ayat yang ingin disetor seba’da subuh.

Setelah subuh adalah waktu yang tepat menyetorkan hafalannya kepada muqri’ atau ustadz pendamping. Setiap santri harus menyetorkan hafalannya dengan membawa buku atau catatan tahfiznya. Buku catatan tahfiz tersebut dibuat agar muqri’ atau guru tahfiznya bisa mengontrol hafalan setiap santri yang dibimbingnya.

Hal yang paling penting dalam menghafal al-Qur’an adalah mengulang hafalan. Karena hafalan tidak akan sepenuhnya sempurna tanpa diulang, dan hafalan akan cepat menghilang tanpa mengulang. Untuk itu setiap santri diwajibkan mengikuti kegiatan murojaah hafalan di setiap hari Jum’at setelah Magrib. Dengan jadwal seperti ini diharapkan hafalan setiap santri akan terjaga sehingga tidak mudah menghilang dan menguap begitu saja.

Untuk mengembangkan program ini maka kami juga berusaha untuk bekerja sama dengan lembaga lain yang menyelenggarakan tahfizul qur’an. Salah satunya adalah membuat semacam tahfiz contest atau musabaqoh. Selain itu kami juga memiliki program untuk mendatangkan syeikh atau ustadz yang hafiz d yang datang dari timur tengah. Hal ini kami lakukan agar hafalan siswa bukan hanya sekedar hafalan melainkan juga sedapat mungkin bersanad. Selain itu, tentu untuk menambah semangat santri dalam menghafal ayat-ayat suci Allah SWT.