Entrepreneurship

PROGRAM ENTREPRENEURSHIP

Salah satu program unggulan lainnya yang kami programkan adalah Entrepreneurship. Bahkan menjadi salah satu ikon yang melekat dalam nama pesantren S-PEAM. Agar program ini terealisasi maka dibuatlah kurikulum entrepreneursip.

Pelajaran Entrepreneurship merupakan mata pelajaran yang menekankan pembelajaran berbasis pada pengalaman dan praktik kewirausahaan dalam lingkup yang sangat mendasar. Praktik-praktik itu di dikemas untuk menyatu dengan habit kehidupan santri agar sejak dini mereka memiliki jiwa mandiri, kreatif, berpikir positif, bersemangat tinggi, tangguh dan produktif untuk menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Rumpun mata pelajaran sebagai berikut :

  1. Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan
  2. Pendidikan Kemandirian
  3. Pendidikan Kepemimpinan

Penerapan kurikulum entrepreneurship ini dapat menguatkan 3 aspek :

  1. Exposure. bentuk-bentuk aktifitas yang didisain untuk mendekatkan siswa dengan dunia nyata, membuat siswa percaya diri, terinspirasi dan tertantang. Kegiatan seperti berkunjung ke sebuah seting tempat, mengundang nara sumber dan membuat even-even pameran akan sangat menunjang proses ini.

  2. Entrepreneurial Perspektif. yaitu siswa melakukan sebuah kegiatan yang sangat menekankan segi entreprenerialnya. Misal, Kegiatan ekstra. Dulu ada ekstra memasak. Sekarang dapat dikembangkan menjadi sebuah kegiatan yang utuh dari mencari data tentang masakan apa yang dibutuhkan, membuat disain atau bentuk masakan, membuat masakan sampai menjual. Akhirnya siswa akan menghitung berapa modal dan penghasilan.

  3. Entreprenerial Action. Siswa didorong untuk melakukan kegiatan nyata baik berupa kegiatan sosial atau kegiatan bisnis sesungguhnya. Misal siswa membantu memperbaiki seting sebuah warung yang kumuh menjadi lebih menarik. Dari mulai mendisain warung, mencari dana sampai mengelola tenaga yang mengerjakan renovasi. Prinsipnya kurikulum entrepreneur akan mendorong siswa untuk melakukan hal-hal yang sangat nyata yang dapat mendatangkan penghargaan dari orang lain

Ada beberapa kegiatan yang akan mendukukung program ini, diantaranya adalah :

  1. Mebeleir
  2. Tata Boga
  3. Tata Busana/Rias
  4. Elektronika
  5. Perbengkelan
  6. Bordir
  7. Kerajinan Tangan
  8. Pertanian
  9. Perikanan

Agar siswa dapat belajar dan memahami pelajaran entrepreneur dengan baik maka siswa dibagi dalam beberapa kelompok, misalnya :

  1. Kelompok koperasi dengan spesifikasi awal yakni produksi dan penjualan sabun cuci & mandi, odol, sampo dan lainnya yang berhubungan dengan kimia industri.
  2. Kelompok internet marketing, yakni produksi dan pemograman sekaligus marketing internet.
  3. Kelompok tani, yakni melatih santri dalam bercocok tanam dengan melihat peluang pasar, seperti budi daya jamur tiram dan budi daya sayur mayur.
  4. Kelompok peternak, yakni melatih santri dalam produksi hasil ternak, seperti budi daya ayam potong, budi daya telur ayam dan telur bebek.
  5. Kelompok seni kerajinan dan keterampilan, disiapkan untuk mengasah keterampilan dalam mengolah dan memproduksi kerajinan yang inovatif dan menjual.