Pendidikan Mental di SPEAM

SPEAM

Berawal dari sebuah kalimat yang sering diucapkan oleh setiap lembaga pendidikan pesantren yaitu, apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar, apa yang kamu lakukan adalah pendidikan, oleh karena itu sepantasnya kita untuk mendidik anak anak kita dengan kebiasaan yang baik agar menjadi karakter yang baik pula. Sebuah kebiasaan akan mencerminkan sikap seorang anak apabila anak sudah remaja, dewasa dan tua. Dengan kebiasaan yang baik itulah karakter seorang anak akan menjadi karakter yang akan lebih baik dan baik.

Nah, Pondok Pesantren S-PEAM Kota Pasuruan mewajibkan kepada para santri santri nya untuk berlatih diri, berani tampil, berani bergerak, berani maju dan berbuat untuk membangun sebuah mental yang handal kelak di masyarakat, sehingga dengan kebiasaan yang baik ini, mereka mampu bersaing secara religius dan intlektualis secara bersamaan, maka dari itu santri Speam wajib tampil kultum setiap hari yang sudah terjadwal oleh bagian IPM. Kultum dilaksanakan setelah sholat dhuhur setiap santri memiliki judul dan tema yang berbeda sehingga setiap santri ingin selalu tampil prima dari teman teman nya yang lain, serta timbul sebuah kemauan yang kuat untuk menjadi da’i dan pendakwah handal dimasa yang akan datang.

Kultum ini bertujuan untuk melatih mental santri sebelum terjun di masyarakat kelak, oleh karena itu Pelatihan dan pembiasaan selalu di tanamkan kepada seluruh santri agar mampu menjadi pemuda yang Ulul Al-Bab serta mampu berkontribusi kepada bangsa dan agama.

Kultum hari ini disampaikan oleh Ananda HASYIDAN siswa kelas 8 B yang bertemakan SABAR dalam penjelasan nya Ananda menyampaikan sebuah peribahasa arab yang berbunyi من صبر ظفر barangsiapa yang bersabar maka beruntunglah ia, dari penjelasan yang disampaikan sabar merupakan segala kunci dari sebuah kesuksesan seseorang di dalam menempuh pendidikan di pesantren, selain itu Anada juga mengutip dan mengaitkan pada surat Al Baqarah ayat 103 yang artinya Hai orang orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Al-Akh Herman
Murobbiy of S-peam
S-PEAM Kota Pasuruan, 06/02/2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dahsyatnya Pembukaan PORSENI 2020 SPEAM Putri

Pekan olahraga dan seni atau biasa kita singkat menjadi porseni adalah salah satu program kerja tahunan Ikatan Pelajar Muhammdiyah S-PEAM Putri. Kegiatan ini melibatkan seluruh santriwati, guru, dan karyawan pesantren S-PEAM. Porseni di tahun ini dirancang dengan tema “Kreativitas Mewujudkan Solidaritas”. Mengapa tahun ini kita mengambil tema kreatif dan solidaritas? […]