We Are The Champion

SPEAM

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) adalah salah satu bidang lomba yang bergengsi dan banyak mendapatkan perhatian dalam rangka mencetak ilmuwan sebagai generasi scientist. Hal ini memperlihatkan bahwa kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahuan menjadi prioritas bidikan dan mendapatkan respon yang positif di kalangan pelajar berbagai jenjang. S-PEAM merupakan lembaga pendidikan yang sangat responsif terhadap bidang pengembangan Sciences Research Applied. Hal ini terbukti dari keaktifan dalam berpartisipasi di setiap kompetisi karya tulis ilmiah. Terhitung sebanyak tiga kali berhasil membawa pulang piala juara 1, satu kali juara 2 dan 1 kali juara harapan 2 dengan berbagai tingkatan.

Pada hari sabtu tanggal 16 Februari 2019, santriwati S-PEAM yang tergabung dalam komunitas ekstrakurikuler KIR yang langsung dibimbing oleh Ustadzah Nurul Mawaridah. sebanyak 12 santriwati terpilih mengikuti rangkaian lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Bangil. Adapun tahapannya terdiri dari babak penyisihan dan babak final. 12 santri yang terkelompokkan dalam 4 tim dengan judul yang berbeda melalui babak penyisihan dengan mengirimkan naskah dokumen karya tulis ilmiahnya secara online dan offline. Jumlah judul yang masuk babak penyisihan sebanyak 20 dan berdasarkan hasil seleksi yang diumumkan pada hari selasa tanggal 19 Februari 2019 oleh panitia hanya ada 8 judul yang masuk babak final. Syukur alkhamdulillah 4 tim yang didelegasikan dari S-PEAM berhasil lolos melaju ke babak final.

Proses persiapan menuju babak final sangatlah singkat karena hanya ada waktu satu hari yang harus dimanfaatkan untuk mempersiapkan segala keperluan final. Adapun yang harus dipersiapkan adalah latihan presentasi, pembuatan produk untuk demonstrasi, pembuatan power point untuk presentasi, dan pembuatan X Banner untuk menunjang performance saat final. Masing-masing tim yang terdiri dari 3 anggota saling membagi tugas dengan maksimal agar semua anggota mendalami materi secara sempurna. Persiapan latihan dilakukan hingga berakhir pukul 11 malam.

Babak Final dilaksanakan pada hari kamis tanggal 21 Februari 2019. Santriwati bersiap-siap berangkat pada pukul 06.00 dengan mengenakan seragam berwarna merah hitam lengkap dengan jas almamater kebanggaan S-PEAM. Rombongan tim S-PEAM berangkat dengan penuh semangat dan doa yang dipanjatkan penuh ketulusan mengharap kemenangan. Pukul 6.45 rombongan tiba di lokasi lomba yaitu SMA Negeri 1 Bangil. Adapun setibanya di sana langsung disambut oleh para panitia untuk melakukan registrasi ulang. Pukul 08.00 seluruh finalis yang berjumlah delapan tim sudah siap diruangan presentasi dan final lomba karya tulis ilmiah dimulai. Delapan tim tersebut berasal dari SMP S-PEAM, SMPN 1 Bangil, SMPN 2 Bangil, SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Gempol. Satu persatu para finalis mempresentasikan dan melakukan Tanya jawab dengan dewan juri yang terdiri atas dua orang di dalam ruangan tertutup. Tim S-PEAM mendapat urutan presentasi no 1, 2, 3, dan 4.

Presentasi berakhir hingga pukul 11.30 dan pengumuman pemenang juara 1, 2, dan 3 diumumkan secara langsung pukul 12.00. Rasa penasaran bercampur takut hinggap dibenak masing-masing tim pada saat menunggu pengumuman. Adapun syukur alkhamdulillah juara 1 diraih oleh tim delegasi dari SMP S-PEAM Yang diketuai oleh Rafaillah Neysa Rachman santriwati kelas 8 asal Sidoarjo, Felia Nuraini Arifin kelas 8 asal Jember, dan Sheema Hunafa Qudsi kelas 7 asal Banyuwangi. Juara 2 diraih oleh tim dari SMPN 2 Gempol dan juara 3 diraih oleh tim dari SMPN 1 Pandaan. Hal ini menunjukkan bahwa S-PEAM mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri dan memiliki jiwa kompetitif yang perlu dikembangkan untuk kemajuan lembaga S-PEAM tercinta ini. Barokallah. Jayalah S-PEAM.

Pasuruan, 21 Februari 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Upacara Bendera

Upacara bendera merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari senin terutama di setiap lembaga pendidikan. Hakikat pelaksanaan upacara bendera sangatlah penting untuk dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter positif dan budi pekerti bangsa. Oleh karena itu, SMP S-PEAM yang terpisah lokasi antara putra dan putri pun juga turut melaksanakan kegiatan upacara bendera. […]