Upacara Bendera

SPEAM

Upacara bendera merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari senin terutama di setiap lembaga pendidikan. Hakikat pelaksanaan upacara bendera sangatlah penting untuk dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter positif dan budi pekerti bangsa. Oleh karena itu, SMP S-PEAM yang terpisah lokasi antara putra dan putri pun juga turut melaksanakan kegiatan upacara bendera.

Upacara bendera yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 4 Maret 2019 ini dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 07.30. Adapun yang menjadi pembina upacara di lokasi putra adalah ustadz Rozzaqul Hasan sedangkan pembina upacara di lokasi putri adalah ustadzah Nurul Mawaridah. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh peserta didik dan ustad-ustadzah sekalian. Upacara bendera ini berlangsung sangat khidmat dengan dibantu beberapa petugas upacara yaitu pembaca tata upacara bendera (MC), pengatur upacara, pemimpin upacara, pembawa teks Pancasila (ajudan), pengibar bendera (3 orang), pembaca pembukaan UUD 1945, pembaca janji IPM, pembaca doa, dirigen, pemimpin pasukan (3 orang).

Upacara Bendera ini mempunyai manfaat yang sangat penting dalam rangka upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan tata upacara bendera. Adapun Nilai-nilai tersebut meliputi nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan tanggung jawab.

Nilai-nilai luhur tersebut nampak ditumbuhkan disetiap langkah pelaksanaan upacara bendera misalnya bagi petugas pengibar bendera didalamnya terdapat nilai gotong royong, tanggung jawab, dan kebersamaan dalam melaksanakan tugasnya. Harmonisasi posisi badan dan gerakan ayunan tangan serta hentakan kaki tidak boleh ada yang berbeda gerakan maupun sikapnya karena dapat berakibat fatal dan mengurangi kekhidmatan dalam pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan lainnya adalah mengheningkan cipta. Dalam hal ini peserta didik diajak untuk mengingat dan menghayati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan serta mendoakan para pahlawan yang telah berjasa terhadap bangsa dan negara. Dengan demikian para peserta didik dapat meneladani jiwa patriotisme para pejuang dan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara akan semakin tumbuh kuat.

Pembacaan teks Pancasila bertujuan agar para peserta upacara dapat mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari sila pertama sampai sila kelima. Dengan demikian akan menumbuhkan sikap penghayatan pancasila di dalam diri dan jiwa para peserta didik. Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang dasar negara Republik Indonesia. Sehingga para peserta didik dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Demikian kegiatan upacara bendera hari ini, semoga membawa dampak positif dalam mencetak karakter luhur bangsa Indonesia. Nashrumminallah wafatkhun qorib wabassyiril mukminin. Amin ya mujibbassailin.

Pasuruan, 4 Maret 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Dalam proses pembelajaran di sekolah, ada tiga hal yang harus diperhatikan dan ditingkatkan kualitasnya untuk meningkatkan mutu sekolah; guru, siswa dan sarana prasarana. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan ketiga komponen tersebut, salah satunya berdasarkan hasil tes yang terintegrasi dengan baik. Tes yang baik di suatu jenjang pendidikan menjadi […]