Sarasehan Sukses UN 2019

SPEAM

Syukur alkhamdulillah pagi ini hari jum’at 15 Februari 2019, 2 orang ustadzah pengampu mata pelajaran IPA dan Matematika beserta 2 orang ustadz sebagai pengampu mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris menjadi delegasi perwakilan dari SMP S-PEAM Kota Pasuruan ditugaskan untuk menghadiri kegiatan yang berjudul sarasehan sukses UN 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh majelis pendidikan dasar dan menengah pimpinan wilayah muhammadiyah jawa timur. Kegiatan tersebut bertempat di mas mansyur hall dengan dihadiri peserta yang hampir mencapai 300 orang.

Agenda pertama adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan mars muhammadiyah “sang surya” oleh seluruh peserta sarasehan. Selanjutnya adalah pembukaan oleh ibu Arbaiyah dengan bacaan basmalah. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa Pendidikan di muhammadiyah membawa visi misi pendidikan yang berkemajuan serta memberikan suntikan motivasi dengan memperkenalkan profil pemateri utama yang sangat inspiratif. Adapun hakikat kegiatan sarasehan ini adalah utk persiapan try out berbasis komputer yang diawali dengan kegiatan penyelarasan soal dan perakitan soal. Dalam pendidikan harus dimulai dari performa output yang handal dalam hal penilaian. Salah satu jenis penilaian yang sangat vital adalah Penilaian karakter. Penilaian karakter yang menjadi pusat perhatian adalah demi mengembangkan dan mempersiapkan generasi muhammadiyah yang bermartabat untuk bangsa. Hal inilah yang menjadi inti dari karakter spiritual holistic education. Selain itu, Ibu Arbaiyah juga mengutip ayat Al-qur’an yang artinya Allah pasti akan meninggikan derajat orang orang yang beriman dan berilmu. Dengan entitas tersebut manusia memiliki tugas sebagai kholifah di muka bumi dan dengan keimanan tersebut ilmu menjadi bermakna.

Agenda berikutnya adalah agenda inti yang disampaikan oleh pemateri utama yaitu Bapak Moch Abduh, Ph.D. Beliau merupakan alumni dari SD Muhammadiyah 1 sepanjang sidoarjo. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala PASKA (pusat analisis dan sinkronisasi kebijakan) dan saat ini beliau sedang menjabat sebagai kepala pusat penilaian pendidikan (puspendik) kemendikbud RI. Selama penyampaian materi inti tersebut juga terdapat sesi tanya jawab yang langsung dimoderatori oleh Bapak Slamet raharjo.

Materi inti yang disampaikan adalah tentang penilaian dan kebijakan UNBK. Pemanfaatan hasil penilaian sebagai umpan balik dalam upaya perbaikan. Hasil penilaian dikatakan sukses jika tercapai 3 aspek proses secara optimal yaitu proses penyelenggaraan, pencapaian, dan perbaikan pembelajarannya. Terkait kebijakan-kebijakan UNBK sebagai berikut:

  1. Kerjasama antar sekolah dalam zona terdekat (isosharing)
  2. Optimalisasi peran helpdesk dalam setiap zona
  3. Simulasi merupakan suatu kegiatan prosedural untuk menguji sistem dan bukan untuk menguji siswa
  4. Kerjasama teknis dengan beberapa Perguruan Tinggi
  5. Mendorong kerjasama yang saling menguntungkan dengan PLN ataupun Telkom agar tidak terkendala dalam proses simulasi ataupun UNBK.

Agenda terakhir adalah penutupan tepat pada pukul 11.30 yang diakhiri dengan closing statement dari ibu Arbaiyah dan bacaan Hamdalah. Demikian semoga bermanfaat. Nasruminallah wafatkhun qorib wabassyiril mukminin. Barokallah. Amin.

Surabaya, 15 Februari 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bimbingan Teknis Gerakan Literasi

Literasi merupakan salah satu bidang yang sedang digemakan pada era digital saat ini. Literasi juga merupakan bagian yang digiatkan sebagai program vital oleh balai bahasa Jawa Timur. Dalam rangka menyukseskan gerakan literasi nasional, Balai bahasa Jawa Timur mengadakan kegiatan yang di selenggarakan selama dua hari bertempat di aula pertemuan cabang […]