Kajian Ahad Pagi Kuatkan Mental Spiritualitas Santri

SPEAM

Rasulullah SAW suatu hari pernah berpesan kepada para sahabat, “Jika kalian melewati taman-taman surga, maka singggahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya, Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab, “Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir (HR-Tirmidzi). Syaikh Salim Al-Hilali dalam Bahjatun Nazhirin, Syarh Riyaduhush Sahlihin mengatakan “Majlis-majlis dzikir adalah halaqah-halaqah ilmu yang diadakan di rumah – rumah Allah untuk belajar, mengajar dan mencari pemahaman terhadap agama.

Pada hari Ahad, 31 Maret 2019 diadakan Kajian Ruti Ahad Pagi yang bertempat di Pesantren S-PEAM kampus putra. Kajian rutin ini diadakan setiap Ahad Pagi oleh Majelis Tabligh PDM Kota Pasuruan, di masjid-masjid Muhammadiyah yang sudah terjadwal. Dalam kesempatan kali ini, kajian rutin Ahad Pagi dihadiri oleh para santri S-PEAM, ustadz dan ustadzah S-PEAM beserta jamaah Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Bertindak sebagai penceramah dalam kesempatan ini adalah Ustadz Drs. H. Abu Nashir, M.Ag. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan tentang pentingnya bekerja dan belajar untuk mengejar akhirat. Hal tersebut, seperti yang tertulis di dalam Al-Qur’an, surah al-Isra’ ayat 19. “Dan barang siapa menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh – sungguh, sedangkan dia beriman, maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik.”

Di hadapan para jamaah yang mayoritas adalah santri S-PEAM, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pasuruan ini berpesan kepada para santri untuk giat belajar, karena mereka adalah kader-kader masa depan yang akan menggantikan pimpinan-pimpinan Muhammadiyah saat ini. Selain itu, Ustadz Abu juga memberikan motivasi kepada para santri untuk selalu semangat tidak putus asa dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita, dan SPEAM adalah tempat yang tepat untuk itu. Setelah berlangsung selama satu jam, kajian pun diakhiri dan dilanjutkan dengan ramah tamah antara Pimpinan SPEAM dan jajaran Pimpinan PDM Kota Pasuruan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinamika Kegiatan Santri S-PEAM

Al-Ma’hadu Laa Yanamu Abadan (Pesantren Tidak Pernah Tidur Selamanya), begitulah kiranya istilah dalam Bahasa Arab untuk menggambarkan dinamika kehidupan di Pesantren, tak terkecuali Pesantren S-PEAM kota Pasuruan. Rabu, (3/4/2019) adalah hari libur Nasional memperingati hari Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW, tapi tidak bagi santri dan santriwati S-PEAM. Ragam kegiatan telah […]